25.5 C
Bandung
Saturday, July 13, 2024

Buy now

Rakernas Ikatan Alumni ITB 2022 Dimulai! Membahas Fenomena Pemuda, Olah Raga, dan Warganet di Sarana Olahraga Ganesha, Bandung

BANDUNGCYBERMEDIA – Pengurus Pusat Ikatan Alumni ITB (PP IA-ITB) 2021-2025 akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2022 di Pangkalpinang pada tanggal 16-18 Desember 2022. Adapun tema yang diusung adalah “Teknologi Berdaya, UMKM Naik Kelas”.
“Salah satu gagasan Trisakti Bung Karno yang disampaikan pada Pidato Kenegaraan, 17 Agustus 1964, adalah Indonesia yang Berdikari dalam Ekonomi. Pemikiran dari Pendiri Bangsa tersebut tentunya masih sangat relevan saat ini, mengingat Indonesia adalah negara yang telah diberi karunia dan masih memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah. Dengan demikian sudah sepatutnya bangsa Indonesia dapat mencapai kemakmuran dengan cipta, rasa, dan karsa kita sendiri.” kata Ketua Rakernas IA-ITB 2022, Basar Simanjuntak, Rabu (1/11/2022).
“Kesejahteraan sosial juga merupakan amanat konstitusi dalam pasal 33 UUD 1945. Oleh karenanya, permasalahan ekonomi bangsa menjadi masalah bersama yang harus dicari solusinya bersama. Rakernas nanti diharapkan melahirkan resolusi yang mantap untuk membantu Pemerintah menyelesaikan permasalahan tersebut.” tambah Basar.


Seperti diketahui, pandemi selama 2 tahun terakhir ini telah menjadi tantangan bagi seluruh masyarakat dunia. Segala lini kehidupan terkena dampak akibat pandemi ini, mulai dari kesehatan hingga ekonomi. Belum lagi adanya isu akan terjadinya resesi global yang tentunya semakin memperpanjang masa kelam ini.
Sementara itu Wakil Kepala Lembaga Pengendalian Kebijakan dan Sumber Daya Alumni (LPKSDA) Pengurus Pusat IA-ITB, Idham Maulana, mengatakan, “Pandemi global Covid-19 kemarin, telah menghantam 87,5% UMKM dari mulai tahap produksi sampai distribusi, bahkan 50% UMKM telah menutup usahanya. IA-ITB sebagai sekumpulan alumni dari salah satu institusi teknologi negeri tertua dan terbaik di Indonesia tentu menjadi salah satu bagian dari bangsa ini yang harus hadir dalam melakukan inovasi ekonomi inklusif dan pemberdayaan UMKM sampai kepada merekomendasikan kebijakan-kebijakan yang tepat terkait ekonomi dan UMKM.”

Flyer Webinar Road To Rakernas IA-ITB 2022 Series 1 (Foto : Istimewa)
“Untuk mengawali resolusi yang besar tersebut, rangkaian acara Rakernas IA-ITB 2022 akan dibuka dengan seminar bertema pemuda dan olah raga. Pemilihan tema tersebut diharapkan dapat menghidupkan kembali ingatan kita bahwa bangsa ini adalah bangsa yang diasuh oleh adanya kehendak untuk bersatu, seperti suasana yang melatarbelakangi terjadinya Sumpah Pemuda pada 94 tahun silam. Sedangkan olah raga adalah salah satu alat untuk memperkokoh persatuan bangsa.”, pungkas Idham. (Am/GH)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles