25.5 C
Bandung
Saturday, July 13, 2024

Buy now

Rizal Ramli : Kebijakan Jokowi Menghamba Oligarki dan Investor, Merampas Hak Rakyat Adat

Tokoh Nasional DR Rizal Ramli menanggapi pernyataan Presiden Indonesia Joko Widodo “Kita Tidak Sadar Sudah Dijajah Secara Ekonomi”

“Ngomong gitu, apa situ ngerti yang diomongin ya ? Wong situ kebijakannya menghamba oligarki dan investor perampas hak rakyat dan adat. Itu namanya kolonialisme Den  Sing eling atuh  demikian tulis DR Rizal Ramli di akun pribadinya. Jakarta, Kamis 5/10/2023.

Diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan ingin Indonesia tak hanya menjadi konsumen tetapi harus menjadi produsen. Pasalnya, ia tak mau Indonesia dijajah di era modern dengan masifnya barang impor di e-commerce.

“Jangan mau kita terkena juga kolonialisme di era modern ini. Kita enggak sadar tahu-tahu kita sudah dijajah secara ekonomi,” ujar Jokowi di depan Peserta Program Pendidikan Lemhannas Tahun 2023, di Istana Negara pada Rabu (4/10).

Presiden Joko Widodo berharap Indonesia bisa menguasai pasar ekspor, setidaknya di Asia Tenggara (Asean).

“Jangan sampai kita terlena dalam hitungan bulan, enggak mau saya terkena penjajahan di era modern,” ujarnya.

Ia mengingatkan harga murah barang impor bisa membuat ketergantungan. Artinya, itu bisa mengancam kedaulatan.

“Mungkin awal-awal harganya masih Rp5.000. Begitu sudah masuk, beli ini sudah ketagihan baru dinaikkan Rp500 jt, mau apa? Sudah enggak bisa apa-apa kita karena sudah ketergantungan di situ. Oleh sebab itu, kita harus lindungi betul kedaulatan digital kita, harus dilindungi betul,” ujarnya.

Karenanya, sambung Jokowi, pemerintah berupaya mengejar untuk menyusun regulasi yang sesuai. Pemerintah juga berupaya menjaga aset digital termasuk data dan informasi. (Yoss/jkt)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles